MICROSOFT WORD 2003
-
- Mengenal Microsoft Word
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, dan yang lainnya.
Tampilan area kerja program MS Word terdiri atas Tittle Bar, Menu Bar, Tool Bar, Ruler dan Task Pane. Tampilan area kerja dapat dilihat pada Gambar 1.
Tittle bar Menu bar Ruler Tool bar Task pane
Status bar Toolbar Gambar
Gambar 1. Tampilan area kerja MS Word
Tittle bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan, atau menyembunyikan jendela program dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore dan Close.
Menu bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh pada. perintah File mempunyai sub-sub perintah yang berkaitan dengan dokumen, misalnya membuat dokumen baru (Open), mengatur property dokumen (Page Setup) dan sebagainya.
Tool bar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut dari perintah File > Open, atau tool Print merupakan shortcut dari perintah File > Print.
Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen. Ruler
berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.
Task pane merupakan fasilitas yang berisi rangkuman perintah yang sering
digunakan dalam pengeditan dokumen. Bagian di dalam jendela Task Pane terdiri atas 13 bagian, yaitu Getting Started, Help, Search Results, Clip Art,
Research, Clipboard, New Dokument, Shared Workspace, Document Updates, Protect Document, Styles and Formatting, Reveal Formatting, Mail Merge, dan XML Structures.
Gambar 2. Menu bar
Status bar adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan, antara lain.
Gambar3. Status bar
- Page number : Menampilkan informasi halaman.
- Sec : Menampilkan section dokumen.
- Number : Menampilkan nomor halaman dan total halaman berdasarkan fisik halaman di dalam dokumen. Sebagai contoh, 4/13 artinya halaman 4 dari total 13 halaman.
- At : Menampilkan jarak dari atas halaman pada titik sisip.
- Col : Menampilkan jarak dari baris kiri ke posisi titik sisip. Jarak ditentukan dengan jumlah karakter.
Untuk mengatur jenis tampilan dokumen, pilih salah satu submenu di dalam View. Beberapa tampilan tata letak yaitu :
- Normal : Memberikan tampilan sesuai format yang diterapkan pada teks.
- Print Layout : Memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima pada saat dicetak.
- Web Layout : Memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser.
- Outline : Memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen.
1.2 BENTUK PENCETAKAN HURUF
- Cetak Tebal
Klik Tool Bold
- Cetak Miring
Klik Tool Italic
- Ctak Bergaris Bawah
Klik Tool Underline
1.3 MENGATUR SPASI Jarak Antar Baris (Line Spacing)
- Spasi 1,5
Klik Tool Line Spacing
Klik 1,5
- Spasi 2
Klik Tool Line Spacing
Klik 2.0
- Dan seterusnya
Gambar 4. Toolbar Line Spacing
-
- Membuat, menyimpan, menutup, dan membuka dokumen.
Untuk membuat dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut :
-
- Klik menu File > New sehingga muncul jendela Task Pane yang menampilkan bagian New Document.
- Setelah itu, pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk embuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.
DI dalam Tool Bar juga terdapat tombol New Blank Document (Gambar 5) yang berfungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.
Gambar 5. Tombol New Blank Document di Tool Bar
Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur properti terlebih dahulu. Pengaturan properti mempengaruhi hasil cetakan. Pengaturan properti dapat dilakukan dengan menggunakan perintah File > Page Setup sehingga muncul kotak dialog Page Setup (Gambar 6). Kotak dialog ini terdiri dari 3 bagian, yaitu Margins, Paper, dan Layout.
Gambar 6. Kotak dialog Page Setup
Margins untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas.
Papper Size untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan ukuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.
Satuan yang digunakan pada ruler maupun margin adalah inchi. Untuk mengubahnya ke centimeter, klik menu Tools > Options sehingga muncul kotak dialog Options. Pilih tab General pada bagian Measurements Units, gantilah satuan ke Centimeters.
Gambar 7. Kotak dialog Options
Untuk menyimpan dokumen baru, nama dokumen yang dibuat akan berurutan, yaitu Document 1, Document 2, Document 3, dan seterusnya. Cara untuk menyimpan dokumen adalah sebagai berikut :
- Klik menu File > Save atau File > Save As sehingga muncul kotak dialog Save As.
Gambar 8. Kotak dialog Save As
- Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut :
- Save in : Tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
- File name : Ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
- Save as type : Tipe dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word Document.
- Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen lama yang telah di edit, klik menu File > Save. Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik File > Save As sehingga caranya
Gambar 9. Kotak konfirmasi penyimpanan
Replace exiting file: Menyimpan file yang sudah ada dengan dokumen baru.
Save change with a different name: Menyimpan dokumen baru dengan nama lain.
Merge into exiting file: Menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam file yang sudah ada.
Setelah selesai mengedit dokumen dan memastikan sudah menyimpannya, ada beberapa cara untuk menutup dokumen, yaitu:
- Klik menu File > Open.
- Klik tombol Close Window yang terdapat di dalam Tittle Bar.
Dokumen yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara berikut:
- Klik menu File > Open.
- Klik tombol Open yang terdapat di dalam Tool Bar. Sehingga muncul kotak dialog open, kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.
Gambar 10. Kotak dialog Open
BAB II
MENGATUR PARAGRAF
2.1 Pembuatan Paragraf
Pengetikan teks dimulai dari titik sisip (titik iterasi). Dalam mengetikkan teks, penekanan tombol Enter pada keyboard akan membuat paragraph baru. Untuk membuat hasil yang maksimal, maka diperlukan performatan karakter, seperti menentukan jenis huruf, tipe huruf, ukuran huruf, dan lainnya. Pemformatan karakter dapat diterapkan sebelum ataupun sesudah pengetikan. Klik menu Format > Font untuk melakukan pemformatan sehingga muncul kotak dialog Font.
- Font: Untuk menentukan jenis huruf yang digunakan.
- Font Style: Menentukan tipe huruf, yaitu Regular (biasa), Italic (miring), Bold (tebal), dan Bold Italic (tebal dan miring).
- Size: Menentukan ukuran huruf.
- Font Color: Menentukan warna huruf.
- Effects: Untuk membuat efek-efek yang akan diterapkan pada teks.
- Preview: Menampilkan contoh hasil pengaturan format teks.
Gambar 11. Kotak dialog Font
-
-
Mengatur Perataan Teks Paragraf
-
Perataan teks dalam paragraf dapat dilakukan dengan posisi rata sisi kiri (left-align), rata sisi kanan (right-align), ditengah (center) dan rata sisi kiri dan kanan (justify).
-
-
-
Mengatur Perataan Teks Paragraf
-
-
Selain pemformatan huruf juga ada pengaturan paragraf ada 4 macam, yaitu rata sisi kiri (left-align), rata sisi kanan (right-align), ditengah (center) dan rata sisi kiri dan kanan (justify).
Contoh penggunaan perataan paragraf:
- Rata kiri:
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
- Rata tengah:
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
- Rata kanan:
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
- Rata kiri kanan:
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
2.3 Mengatur Indentasi
Anda dapat mengatur indentasi paragraf terhadap margin kiri, margin kanan atau keduanya. Anda juga dapat membuat indentasi hanya pada baris pertama.
-
- Mengatur Jarak Spasi Baris
Apabila diperlukan, Anda dapat mengatur jarak spasi dari baris agar masing-masing baris mempunyai jarak yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan.
-
-
-
Pengaturan spasi baris dengan nilai Single
-
-
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
-
-
-
Pengaturan spasi baris dengan nilai Double
-
-
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
2.5 Paragraph dengan baris pertama dan seterusnya sejajar
Menentukan paragraph adalah yang penting dalam penulisan naskah. Pengetikan paragraph ada yang baris pertama dengan baris berikutnya sejajar, ada yang Pengetikan baris pertama menjorok ke dalam atau sebaliknya baris yang kedua dan seterusnya menjorok ke dalam
Langkah:
-
Ketik naskah sesuai apa adanya
2.6 Paragraph dengan baris pertama menjorok ke dalam
Menentukan paragraph adalah yang penting dalam penulisan naskah. Pengetikan paragraph ada yang baris pertama dengan baris berikutnya sejajar, ada yang Pengetikan baris pertama menjorok ke dalam atau sebaliknya baris yang kedua dan seterusnya menjorok ke dalam
Langkah Pertama:
- Klik Format
-
Paragraph
- Klik Kotak Special
- Klik First Line
-
Klik OK
Langkah Kedua:
- Tekan Tombol Ctrl (Tekan terus)
- Tekan tombol M
- Tekan Tombol Ctrl dan Shift (tekan bersamaan dan jangan dilepas)
- Tekan tombol T
2.7 Paragraph dengan baris kedua dan seterusnya menjorok kedalam
Menentukan paragraph adalah yang penting dalam penulisan naskah. Pengetikan paragraph ada yang baris pertama dengan baris berikutnya sejajar, ada yang Pengetikan baris pertama menjorok ke dalam atau sebaliknya baris yang kedua dan seterusnya menjorok ke dalam
Langkah Pertama:
- Klik Format
-
Paragraph
- Klik Kotak Special
- Klik Hanging
-
Klik OK
Langkah Kedua:
- Tekan Tombol Ctrl (Tekan terus)
- Tekan tombol T
Gambar 12. Kotak dialog paragraf
Mengatur Mengatur Indent Border
Perataan teks spasi
Gambar 13. Menu bar paragraf
Pengaturan spasi baris adalah pengaturan jarak antarbaris di dalam paragraf. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan tombol Line Spacing . Contoh penggunaan Line Spacing:
-
Pengaturan spasi baris dengan nilai Single
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata.
Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis,
skripsi, novel, dan sebagainya.
-
Pengaturan spasi baris dengan nilai Double
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata.
Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
2.8 Bullet & Numbering
Sangat membantu dalam penulisan suatu karya ilmiah yang terstruktur. Dapat diatur dengdan mengunakan Toolbar Paragraph.
Numbering Bullets
Gambar 14. Bullet & Numbering
Gambar 15. Kotak dialog Bullets & Numbering
- Klik Menubar Format
- Klik Bullets and Numbering
- Klik salah satu bullet yang akan anda pasang
- Klik OK
BAB III
MENGEDIT TEKS
3.1 Pengeditan
Jika anda membuat kesalahan selama penulisan teks, Anda dapat memperbaikinya dengan :
1. Tekan tombol BacksSpace pada keyboard untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
2. Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
3. Tekan Ctrl+Y pada keyboard, untuk melakukan pengualangan teks (repeat).
4. Tekan Ctrl+Z pada keyboard atau klik icon Undo pada Toolbar, untuk menghapus teks
5 Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
3.2 Mengcopy Teks
Untuk meng-copy teks yang anda pilih ke lokasi lain, lakukan :
-
Block teks yang akan anda copy
- Click icon copy pada Toolbar
- Click icon paste pada Toolbar
Selain cara copy-paste di atas, ada juga cara lain dengan menggunakan keyboard. Untuk mengcopy gunakan Ctrl+C sedangkan untuk paste gunakan Ctrl+V.
3.3 Memformat Teks
Anda dapat mengatur format teks dengan menggunakan salah satu cara berikut ini :
-
Block teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
-
Tempatkan kursor pada posisi awal kemudian mengatur formatnya. Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi awal akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain dari dokumen.
Untuk mengatur teks anda dapat menggunakan grup Font yang ada pada Toolbar.
Mengubah ukuran huruf
Mengubah jenis huruf Warnai font
Gambar 16. Menu bar Font
BAB IV
MEMBUAT TABEL DAN KOLOM
4.1 Tabel
Untuk membuat table biasanya kita lebih mudah dengan menggunakan Microsoft Excel. Akan tetapi Microsoft Word juga menyediakan fasilitas untuk membuat sebuah table.
Langkah – Langkah pembuatan table :
- Klik menu Table pada toolbar
- Pilih icon table , kemudian Insert Table
- Number of columns: untuk menentukan jumlah kolom, sebagai contoh isikan 2.
- Number of rows: untuk menentukan jumlah baris, sebagai contoh isikan 3.
- AutoFit Bahavior: untuk pengaturan lebar kolom.
Gambar 17. Kotak dialog Insert Table
Langkah:
- Klik Tool Insert Table
Gambar 18. Kotak dialog Table
- Sorot ke kanan 4 kolom dan ke bawah 3 baris
4.2 Menambah Kolom
- Tempatkan kursor pada kolom yang akan disisipkan/ditambahkan
- Klik menu bar Table
- Klik Insert
Gambar 19. Menubar Table
- Klik Columns to the right (menambah kolom di sebelah kanan kirsor)
- Klik Columns to the Left (menambah kolom di sebelah kiri kirsor)
4.3 Styles
Word menyediakan fungsi style untuk mempermudah penulisan karya ilmiah dan laporan. Berikut ini adalah cara untuk membuat style baru:
- Klik panah ke bawah pada ribbon styles
- Klik pada tombol new style ()
- Akan muncul kotak dialog sebagai berikut:
Gambar 20. Kotak dialog New Style
- Atur style yang diinginkan
- Klik OK
BAB V
MENYISIPKAN OBJEK
5.1 Drop Cap
Drop Cap adalah huruf pertama dari sebuah Paragraph yang ukurannya dibuat lebih besar dari karakter lainnya, dan pada umumnya dibuat di awal naskah. Contoh:
Tidak semua orang tua bisa memahami perasaan dan pola piker anaknya. Tidak bisa memahami ketakutan anak terhadap raksasa-raksasa yang ada di sekelilingnya. Pun, tidak semua ayah-ibu bisa memahami perbedaan karakter dasar anak dengan orang dewasa. Bahwa pikiran anak itu sempit, egois, dan kerap tak masuk akal, tak terbayangkan oleh mereka.
Menentukan paragraph adalah yang penting dalam penulisan naskah. Pengetikan paragraph ada yang baris pertama dengan baris berikutnya sejajar, ada yang Pengetikan baris pertama menjorok ke dalam atau sebaliknya baris yang kedua dan seterusnya menjorok ke dalam
Langkah:
1. Tempatkan kursor di paragraph yang akan dibuat Drop Cap
2. Klik Menu bar Format
3. Klik Drop Cap…
Gambar 21. Kotak dialog Drop Cap
Langkah:
- Klik Kotak Dropped
- Tentukan Jenis Hurufnya
- Tentukan Berapa baris huruf pertama akan dibuat
- Tentukan jarak Huruf Drop cup dengan huruf seterusnya.
5.2 Menyisipkan Gambar
Gambar dapat disisipkan ke dalam dokumen. Gambar yang disisipkan dapat berupa file gambar atau kumpulan gambar (clip art) yang telah disediakan program MS Word. Untuk menyisipkannya, klik menu Insert > Picture > Clip Art. Pada bagian Search for di Task Pane, ketikkan kata petunjuk yang berkaitan dengan gambar, contohnya animals. Maka akan didapat hasil gambar seperti pada contoh di bawah ini:
Gambar 22. Kotak dialog Clip Art
Untuk menyisipkan gambar dari file, sehingga muncul kotak dialog. Pilih gambar yang diinginkan dari folder.
- Klik menu Insert > Picture
- Klik From File
- Klik Insert Picture
Gambar 23. Kotak dialog Insert Picture
5.3 Menyisipkan objek AutoShape
AutoShape adalah objek-objek dengan bentuk tertentu yang dapat disisipkan ke dalam dokumen. Objek-objek tersebut antara lain bentuk garis, lingkaran, persegiempat, dan lainnya.
- Klik Menubar Picture
- Klik AutoShapes
- Pilih salah satu bentuk
- Lakukan seperti Anda membuat Text Box
Gambar 24. Kotak dialog AutoShapes
Dari objek-objek yang ada, dapat disisipkan teks didalamnya. Contoh: Penggunaan salah satu objek dengan teks:
Gambar 25. AutoShapes
5.4 Menyisipkan Simbol
Di dalam dokumen juga sering dijumpai pengguna simbol seperti ©, ®, ☺, dan sebagainya. Cara menyisipkan simbol adalah sehingga keluar kotak dialog. Pilihlah symbol yang hendak digunakan.
Gambar 26. kotak dialog Symbol
Langkah:
- Klik menu Insert > Symbol
- Klik Symbol
- klik Insert
5.5 Menyisipkan WordArt
Adalah teks yang dapat dibentuk sesuai fariasi yang Anda inginkan.
LANGKAH
- Klik menubar Insert
- Klik menu Picture >
- Klik WordArt ….
_ Ketik langsung teks yang Anda buat
Gambar 27. Kotak dialog Word Art
- Klik OK.
- Jika akan mengubah ukuran lakukan seperti Anda akan mengubah ukuran Gambar/Foto.
5.6 Diagram
- Klik Menubar Insert.
- Klik Klik Picture.
- Klik Organization Chart.
Gambar 28. Kotak dialog Diagram Chart
Langkah:
- Klik Gambar Diagram.
- Klik OK.
Gambar 29. Diagram
- Klik di masing-masing kotak.
- Ketik isi kotak tersebut.
Langkah:
- Klik Menubar Insert
- Klik Picture
- Klik Chart
Gambar 30. Kotak dialog Chart
- Ganti judul dan nilai yang tertera
- Klik di tempat yang kosong untuk mengakhiri
5.7 Menyisipkan nomor halaman
Penomoran halaman dapat dibuat secara otomatis. Caranya klik menu Insert
> Page Numbers sehingga muncul kotak dialog Page Numbers (Gambar
19). Klik OK.
Gambar 31. Kotak dialog Page Numbers
5.8 Menyisipkan Header dan Footer
Fasilitas Header and Footer digunakan untuk membuat catatan kaki,
penomoran halaman, dan yang lainnya. Untuk masuk ke bagian ini, klik
menu View > Header and Footer sehingga tampilan dokumen akan
berpindah pada area header atau footer (Gambar 20). Hal ini diindikasikan
dengan teks dan objek di dalam dokumen terlihat redup. Ketikkan teks yang
hendak dibuat.
Gambar 32. Tampilan Header
BAB VI
MENCARI DAN MENGGANTI KATA
6.1 Mencari Kata
Bila setelah dicetak ternyata ada beberapa kata yang salah, perlu diperbaiki. Cara untuk mencari dan mengganti kata dengan cepat adalah sebagai berikut :
1. Tekan Ctrl
2. Tekan F
Gambar 33. Kotak dialog Find an Replace mencari kata
Langkah:
- Ketikkan kata yang akan dicari
- Klik tombol Find Next
6.1.1 Mengganti Kata
1. Tekan Ctrl
2. Tekan F
Langkah:
- Ketikkan kata yang akan dicari
- Klik tombol Find Next
Gambar 34. Kotak dialog Find an Replace mengganti kata
Langkah:
- Ketikkan kata yang akan dicari/diganti di kotak Find what:
- Ketikkan kata yang baru di kotak Replace with:
- Klik tombol Replace atau
- Klik tombol Replace All (untuk mengganti semua kata kita diganti Anda)
6.2 Mencari atu Menuju ke Halaman Lain
Mencari halaman lain berarti Anda mengetik lebih dari satu halaman:
Langkah:
- Tekan tombol G
- Ketikkan halaman yang akan dicari/dituju
- Klik Go To
- Klik Close / tekan tombol Esc
Gambar 35. Kotak dialog Find an Replace menuju halaman lain
6.3 Breaks
Kadang dalam menulis naskah ada suatu halaman atau kolom yang belum terisi sementara kita harus berpindah ke halaman lain. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menekan tombol enter berulang kali. Caranya dengan menggunakan ribbon Insert page break atau page layout breaks page atau cukup dengan menggunakan hotkey Ctrl+Enter
Play Live Dealer Online at LuckyClub
BalasHapusLucky Club luckyclub offers a wide variety of games for you to enjoy from real dealers and online games. Join the fun today! Rating: 4 · 4 votes · Free · Game